Pengertian, Fungsi, dan Macam-macam Sistem Operasi Komputer

A. Pengertian Sistem Operasi Komputer
Sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi sebagai sistem dasar pada sebuah perangkat. Sistem ini sering kali menjadi faktor utama bagi seseorang dalam menilai sebuah produk teknologi, misalnya komputer. Dengan kata lain, tanpa adanya sistem operasi ini, maka user tidak dapat menjalankan komputernya. Sehingga tidak heran OS juga menjadi fokus user dalam memilih perangkat yang akan digunakan. 


B. Fungsi Sistem Operasi Komputer
Nah bagi Anda yang ingin mengetahui fungsi dari OS ini, berikut ini beberapa fungsinya dapat Anda ketahui.
1. Manajemen Kinerja Perangkat
Jika melihat kembali pengertian sistem operasi di atas, maka salah satu fungsi dari OS adalah memanajemen kinerja perangkat itu sendiri. Perangkat yang dikelola termasuk perangkat keras dan juga perangkat lunak. OS bertugas untuk membuat kinerja perangkat tersebut, mulai dari hal sederhana hingga ke hal yang lebih kompleks. Sehingga perangkat tersebut mampu bekerja secara optimal.
2. Sebagai Wadah dari Aplikasi
Fungsi sistem operasi berikutnya adalah sebagai wadah dari sebuah Aplikasi yang terdapat pada komputer itu sendiri. Jika dilihat sepintas, aplikasi terletak pada memory perangkat tersebut, namun pada dasarnya aplikasi tersimpan di dalam OS. Sehingga hal inilah yang membuat OS dikatakan sebagai wadah dari aplikasi-aplikasi yang ada di komputer.
3. Optimalisasi Kerja Perangkat
Di samping sebagai wadah aplikasi dan memanajemen kinerja perangkat, sistem operasi juga berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja dari perangkat itu sendiri. Berbagai hal terkait kinerja dari perangkat (hardware maupun software) dioptimalkan oleh OS. Seperti ketika Anda mencari data yang tersimpan pada perangkat tersebut, maka OS memiliki peranan untuk mengoptimalkan proses pencarian tersebut.
4. Mengontrol Kinerja Sebuah Aplikasi
Sebagaimana diketahui sebelumnya, bahwa sistem operasi komputer berfungsi sebagai wadah dari aplikasi. Di samping sebagai wadah tersebut, OS juga berfungsi untuk mengontrol kinerja dari aplikasi itu sendiri. Selain itu, OS juga mengontrol user yang menjalankan aplikasi tersebut, sehingga di antara keduanya dapat tersinkronkan dengan baik.
Selain fungsi-fungsi di atas, sistem operasi juga memiliki peranan lain, seperti sebagai Server dan Pengawal. Sebagai server, OS akan memberikan fasilitas yang diinginkan oleh user ketika mengakses perangkatnya. Sementara sebagai pengawal, OS berfungsi untuk melindungi data dan batas-batas dalam mengakses data tersebut oleh user. Sehingga user dapat dengan nyaman dan aman dalam menggunakan perangkatnya.
Itulah tadi beberapa informasi terkait pengertiansistem operasi dan juga fungsinya yang dapat Anda ketahui. Saat ini OS telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Ada berbagai macam perusahaan yang mengeluarkan produk dalam bidang OS ini. Dengan adanya perkembangan OS tersebut, maka kualitas dari sebuah perangkat akan semakin baik. Sebab perangkat itu dapat melakukan kinerja yang sesuai dengan kualitas dari Os-nya. Demikianlah informasi tentang OS ini, semoga dapat menambah wawasan Anda tentang dunia komputer.

C. Macam macam Sistem Operasi Komputer

Setelah kita mengetahui tentang pengertian sistem operasi beserta tugas dan macam macam sistem operasi pada umumnya, saatnya kita membahas satu persatu macam macam sistem operasi yang pernah dibuat di dunia, berikut penjelasannya.

1. Sistem Operasi DOS

Inilah nenek moyang dan awal sistem operasi yang ada di perusahaan Microsoft. DOS atau kepanjangan dari Disk Operating Systemmerupakan awal sistem operasi yang digunakan komputer IBM.
Sistem operasi ini masih belum berbasis antar muka sehingga perintahnya harus menggunakan tulisan atau biasa kita kenal dengan Command Prompt.
Sama seperti komputer versi terdahulu, tampilan dari MS-DOS ini masih hitam putih, tidak ada gambar dan hanya berupa tulisan saja.
Microsoft terus mengembangkan MS-DOS hingga 8 kali versi. Kemudian pada tahun 2000, pengembangan pada sistem operasi ini dihentikan.
Kelebihan:
  1. Ukurannya kecil
  2. Ringan dalam penggunaan memori
  3. Kompatibel dengan berbagai perangkat
Kekurangan:
  1. Karena masih generasi awal, maka perintah hanya berupa tulisan dan tidak ada grafik

2. Sistem Operasi Windows

Inilah sistem operasi generasi kedua setelah berhentinya pengembangan sistem operasi DOS. Windows pada awal munculnya sudah menggunakan antarmuka pada tampilannya dan dipasang hampir di seluruh komputer IBM dan komputer lainnya, akhirnya menjadikan Windows menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia.
BACA JUGA MACAM MACAM SISTEM OPERASI MICROSOFT WINDOWS
Dalam perkembangannya Windows dibuat menjadi sistem operasi Stand Alone dan Jaringan.
Perkembangan Windows dari waktu ke waktu:
  • Windows 1.0 (1983)
  • Windows 2.0 (1987)
  • Windows 3.0 (1990)
  • Windows 3.1 (1992)
  • Windows 95
  • Windows 98
  • Windows Milenium Edition (2000)
  • Windows NT 3.1 (1993)
  • Windows NT 3.5 (1994)
  • Windows 2000 /Windows NT 5.0
  • Windows XP (2001)
  • Windows Vista (2006)
  • Windows 7 (2009)
  • Windows 8 (2012)
  • Windows 8.1 (2013)
  • Windows 10 (2015)
Kelebihan:
  1. User Friendly karena sudah tampilan antar muka
  2. Proses Instalasi lebih mudah
  3. Support Driver
  4. Karena hampir semua orang menggunakan Windows, banyak perusahaan membuat software atau aplikasi yang kompatibel dengan Windows.
  5. Perkembangan sangat cepat, kita lihat hampit setiap tahun selalu ada pembaruan dari Windows
Kekurangan:
  1. Tidak Open Source
  2. Harus membeli karena memang Close Source
  3. Mudah diretas karena sistem keamanannya masih lemah
  4. Jika tidak memiliki software bawaan, harus membeli terlebih dahulu untuk mendapatkannya
  5. Rentan terkena Virus

3. Sistem Operasi Mac OS

Sistem operasi Mac OS atau singkatan Macintosh operating System merupakan sistem operasi ekslusif dan hanya terdapat di komputer Apple saja.
Mac OS diluncurkan pada tahun 1984 dan pertama kali digunakan untuk komputer LISA. Sistem operasi ini merupakan pengembangan dari dasar sistem operasi Linux.
Hebatnya dibandingkan dengan OS yang lainnya, Mac OS adalah sistem operasi pertama kali yang menggunakan GUI/ tampilan antar muka dan beberapa tahun kemudian ditiru oleh Microsoft.
Dalam perkembangannya Mac OS akhirnya diganti dengan versi terbarunya yaitu Mac OS X, yang mana X adalah angka romawi yang berarti 10. Mac OS X adalah versi terbaru dari Mac OS 9 dan diperkenalkan pada tahun 2001.
Karena ekslusif dan kekhasan yang dimilikinya dibanding dengan sistem operasi lainnya, menjadikan sistem operasi ini memliki tempat tersendiri bagi penggunanya.
Perkembangan Windows dari waktu ke waktu:
  1. Mac OS System 1 (1984)
  2. Mac OS System 2 (1985 )
  3. Mac OS System 3 (1986)
  4. Mac OS System 4 (1987)
  5. Mac OS System 5 (1987)
  6. Mac – OS System 6 (1988)
  7. Mac OS System 7 (1991)
  8. Mac OS 8(1997)
  9. Mac OS 9 (1999)
  10. Mac OS X (2001)
  11. Mac OS X /Cheetah (2001)
  12. Mac OS X /Puma (2001)
  13. Mac OS X /Jaguar (2002)
  14. Mac OS X /Panther (2003)
  15. Mac OS X /Tiger (2005)
  16. Mac OS X /Leopard (2007)
  17. Mac OS X /Snow Leopard (2009)
  18. Mac OS X /Lion (2011)
  19. Mac OS X /Mountain Lion (2012)
  20. Mac OS X /Maverick (2013)
  21. Mac OS X /Yosemite (2014)
Kelebihan:
  1. Karena menggunakan UNIX maka sistem lebih stabil
  2. Bisa untuk Multitasking
  3. Dokumen di Mac bisa dibaca di sistem operasi lainnya
  4. Tampilan antar muka cocok untuk graphic design/multimedia
  5. Tingkat keamanannya tinggi, sehingga sulit terkena virus atau diretas
Kekurangan:
  1. Harganya bisa dibilang mahal
  2. Mac OS tidak bisa dirakit karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
  3. Software di Mac OS tidak terlalu lengkap
  4. Kurang cocok buat main game

4. Sistem Operasi Linux

Sistem operasi Linux merupakan sistem operasi open source yang populer di kalangan masyarakat dunia dengan tingkat kepopuleran di bawah Windows dan Mac OS. Karena bersifat open source pengguna bebas mengembangkan sistem operasinya sendiri.
Meskipun begitu Linux tetap sukses berjaya bersanding dengan sistem lainnya karena OS ini tidak bergantung pada vendor serta biaya operasional yang dikeluarkan rendah. pada awal perilisannya sudah berbasis grafis antar muka serta bisa berbasis teks.
Beberapa distro linux dari waktu ke waktu:
  1. Red Hat
  2. Debian
  3. Slackware
  4. SuSE
  5. Mandrake
  6. WinLinx
  7. Ubuntu dan turunannya : Sabily (Ubuntu Muslim Edition), Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, GoBuntu, Gnewsense, ubuntuCE
  8. OpenSUSE
  9. Fedora
  10. BackTrack
  11. Mandriva
  12. Slackware
  13. Debian
  14. PCLinuxOS
  15. Knoppix
  16. Xandros
  17. Sabayon
  18. CentOS
  19. Red Hat
  20. ClearOS
  21. Chrome OS
  22. Gentoo Linux
Kelebihan pada Linux:
  1. Karena Open Source, tidak ada biaya lisensi untuk membeli dan menggunakannya
  2. Dulunya penggunaan Linux sangat susah, namun setelah dikembangkan sekarang menjadi lebih mudah
  3. Sebagian aplikasi di Windows ada di Linux
  4. Perkembangannya sangat cepat, karena dikembangkan oleh banyak orang
Kekurangan pada Linux:
  1. Perlu diadakannya pelatihan kepada pengguna awal supaya terbiasa dengan Linux
  2. Support Hardware tidak semuanya cocok di Linux
  3. Proses instalasinya terbilang susah termasuk juga dengan softwarenya

5. Sistem Operasi Unix




Unix merupakan sistem operasi pertama yang pernah dibuat. Unix adalah sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan AT&T, General Electric, dan MIT di tahun 1965 untuk DARPA. Unix juga merupakan sistem operasi baku yang bisa digunakan di segala komputer termasuk juga komputer mini. Unix sendiri merupakan jenis dari sistem operasi jaringan karena bisa digunakan sebagai server ataupun workstation.
Sekarang sudah jarang orang memakai Unix karena kalah pamor dengan 3 Sistem Operasi terkenal seperti Windows, Mac OS dan Linux.
Jenis-jenis Unix

  1. A/UX
  2. Domain/X
  3. Darwin
  4. CTIX
  5. Distrix
  6. UniCOs
  7. DG/UX
  8. Ultrix
  9. CLIX
  10. Digital UNIX
  11. DVIX
  12. SINIX
  13. Dyix
  14. SCO XENIX
  15. SCO OpenServer
  16. SCO UNIX
  17. Coherent
  18. Tru64
  19. XENIX
  20. AIX
  21. UinxWare
  22. Uniplus+
  23. IRIX
  24. FreeBSD
  25. Mach
  26. Minix
  27. SunOS
  28. NetBSD
  29. Nexstep
  30. QnX
  31. OSF/1
  32. BSD/1
  33. Solaris
  34. Unix System V
  35. Eunice
  36. OpenBSD
  37. GNU/Hurd
  38. GNU/Linux
  39. BSD UNIX.
Kelebihan:
  1. Adanya portabilitas
  2. Multiuser, karena merupakan sistem operasi jaringan
  3. Multitasking. Kita bisa mengerjakan dan menjalankan tugas sekaligus.
  4. Tidak mudah terkena Virus
  5. UNIX ini termasuk sistem operasi yang gratis
Kekurangan:
  1. Dari segi tampilan kurang menarik
  2. Memerlukan penyimpanan memori yang lumayan besar
  3. Tidak banyak Driver yang tersedia untuk Unix
  4. Untuk beberapa hardware jua sulit untuk menyediakan driver untuk Unix
  5. Lumayan susah dan membingungkan dibandingkan dengan sistem operasi lainnya

6. Sistem Operasi Amiga

Amiga merupakan salah satu sistem operasi terdahulu dan sampai sekarang masih ada yang khusus digunakan untuk laptop Amiga. Diperkenalkan pertama kali versi pertamanya yaitu Amiga 1000 pada tahun 1985 oleh perusahaan Commodore International. Sistem operasi Amiga berjalan pada seri Motorola 68 K dengan menggunakan processor 1 dan 32 bit.
Sistem operasi ini juga sudah menggunakan tampilan antar muka bagi penggunanya. Memang sih kita jarang mendengarnya, karena kurang populer.

7. Sistem Operasi Google Chrome

OS ini adalah sistem operasi open source buatan ekslusif perusahaan Google dengan tujuan bisa bekerja dengan aplikasi web. Google Chrome diluncurkan pada tahun 2009 versi beta kemudian setahun setelahnya diluncurkan versi lengkapnya.
Google Chrome sendiri menggunakan Linux sebagai basis pengembangannya dan hanya bisa berjalan pada hardware yang dirancang khusus. Chrome OS hanya memiliki aplikasi bawaan seperti browser, manajer file dan pemutar media.
Beberapa kelebihan Google Chrome:
  1. Pada segi tampilan khusus didesain untuk pengguna Web. Hal ini memungkinkan pengguna menjadi nyaman ketika browsing.
  2. Adanya fitur modus penyamaran. Dengan adanya fitur tersebut, pengguna bisa akses Website tanpa meninggalkan jejak.
  3. Dalam pengelolaan tab misalnya. Setiap kita buka TAB di Chrome maka prosesnya terpisah, sehingga ketika eror/crash pada salah satu ta tidak akan meyebabkan seluruh browser eror. (ini kekurangan yang terdapat pada FireFox dan browser lainnya)
PENCARIAN : Chrome memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome daat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
ANTI PENIPUAN : Chrome menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.com akan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA.
Kekurangan Chrome OS:
PRIVASI : Google menyimpan 2% interpretation pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-a. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu interpretation ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa dan dimana”
LISENSI : Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tapi indicate ini telah dicabut oleh pihak Google.
CELAH KEAMANAN : Beberapa pakar confidence menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki underline Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker.
EXTENSIONS : Pada Chrome tidak terdapat extension/plugin/addons yang dapat ditambahkan. Tidak seperti Firefox yang memiliki banyak aplikasi2 tambahan yang dapat membuat dan meningkatkan kinerja browser.
BAHASA : Pada chrome ketika kita memilih untuk menggunakan dalam bahasa Indonesia maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.

Sistem Operasi Garuda OS

Garuda OS sebenarnya adalah termasuk dari kernel yang mana dikembangkan di negara Indonesia. Garuda OS dikembangkan untuk digunakan masyarakat supaya mereka bisa mendapatkan sistem operasi yang open source, freeware dan tetap sesuai dengan SNI atau standar nasional Indonesia.
Sayangnya OS ini belum terlalu terkenal di kalangan masyarakat Indonesia karena kurangnya pengoptimalkan penggalangan dana bagi OS opensource dan freeware ini.

Sistem Operasi BlankOn

Sistem operasi lainnya karya anak bangsa Indonesia selain Garuda OS adalah BlankOn. Sama seperti OS Garuda, sistem operasi Blank On ini juga termasuk dari kernel Linux. Para pembuat OS ini adalah YPLI dengan tujuan supaya bisa memenuhi kebutuhan sistem operasi dari para pengguna komputer masyarakat Indonesia pada umumnya, khususnya bidang pendidikan, perkantoran dan juga pemerintahan.
Meskipun begitu ada kekurangan dari OS ini yaitu diantaranya adalah masih kurang stabil dan terbilang lambat, dan masih kalah kurang kalah terkenal dan pamor dengan sistem operasi terkenal lainnya contohnya Windows, Mac OS dan Google OS.

Sistem Operasi Be OS

Be OS adalah sistem operasi yang diperuntukkan khusus bagi PC atau komputer pribadi yang dibuat dan dikembangkan Perusahaan B Inc. Sebenarnya OS ini untuk awalnya adalah diperuntukkan agar berjalan dan berfungsi pada hardware keluaran Be yaitu Be Box yang pada tahun 1991 baru mulai dikembangkan.
Kelebihan dari perangkat keras Be Box adalah adanya multiprocessing, bandwith modulae dan kemampuannya dalam melakukan preemptive multitasking

Sun Solaris OS

Perusahaan teknologi terbesar di dunia yaitu Perusahaan Sun MicroSystem adalah perusahaan yang mengembangkan sistem operasi Sun Solaris. Basisnya adalah UNIX, sistem operasi yang pada tahun 1992 mulai pengembangannya ini memiliki keunggulan dari sistem operasi lainnya, seperti terkenal Kestabilannya, Bisa mendapatkan lisensi  atau pilihan kepemilikan, Bersifat opensource.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.. Terima kasih

2 comments for "Pengertian, Fungsi, dan Macam-macam Sistem Operasi Komputer"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan pembahasan..